Home / Khazanah / ACARA BAKSOS CABANG BEKASI JABAR 01

ACARA BAKSOS CABANG BEKASI JABAR 01

Hits: 174

Angin sore seakan enggan berhembus, sementara dinding-dinding Mesjid Al-Misbah  memuai mengurai panas yang sedari pagi tersimbahi sinar surya merata Bumi. Keringatpun mengalir deras dari raga-raga yang lillahi ta’ala bekerja; meski demikian tak ada yang mengeluh meski peluh membasahi tubuh.

Sesekali nyanyian perut yang keroncongan meningkahi  khidmat kami yang sedang gotong royong menakar beras beras hingga sontak menjadi bahan candaan…woi cacingnya sudah meminta jatah, tuch…! Dalam khidmat Ramadhan ini semua sedang menjalani puasa. Sesungguhnyalah dengan puasa lapar dan haus menjadi indah!

Sore itu beberapa anggota Lajnah Bekasi diikuti turunannya (nasirat) sedang ‘packing-packing’  sembako untuk dibagikan saat Baksos rutine tiba. Acara tahunan Jemaat Ahmadiyah Bekasi ini insya Allah akan diselenggarakan jelang 2 hari kedepan. Dalam acaranya nanti setidaknya ada 4 jenis kegiatan seperti;

  1. Cukur Rambut Gratis (CRG),
  2. Bazar Pakaian Pantas Pakai
         (BP3),
  3. Pengobatan Gratis (PG) dan
  4. Bazar Sembako Murah Meriah  (BS2M).

Hari yang ditunggu-tunggupun tiba sudah, tepat pukul 09:00 pagi acara baksos pun dibuka dengan do’a bersama oleh mubda Jabar 01 Mln. Ma’mun Ahmad. Kemudian sambutan dan telah disampaikan bahwa acara baksos ini merupakan momentum yg baik untuk membuktikan ‘hablum minannaas‘ kita.

Setelah kita berpuasa disiang hari dan tarawih dimalamnya inilah ‘hablum minallooh’ kita, bukti baiknya hubungan kita dgn Allah membias kepada baiknya hubungan kita dengan sesama manusia.

Walau waktu masih menunjukkan pukul 9 pagi tapi antusias warga sekitar sangat terlihat. Dengan sudah hadirnya beberapa bapak dan ibu-ibu yang asik memilih pakaian pantas pakai di pekarangan masjid. Pakaian Pantas Pakai ini ditawarkan kepada warga dengan harga 2000 rupiah sampai 10.000 rupiah. Alhamdulillah, banyak warga sekitar silih berganti berdatangan memilih pakaian pantas pakai. Kebanyakan pakaian yang diminati adalah pakaian resmi atau pakaian untuk pergi.

Tidak hanya pakaian Pantas Pakai yang diminati warga, pengobatan gratis pun ( PG) mendapat antusias yang sama. Beberapa warga datang hanya utk di periksa tensi, gula darah, kolestrol dan asam urat tapi banyak juga yang ingin berkonsutasi dengan tim medis dari al Misbah. Pengobatan yang ditawarkan tidak hanya pengobatan Alopathy tetapi juga pengobatan Heompathy.

Tim Medis Al Misbah terdiri dari dr. Risty dan ibu Ida serta dibantu oleh bpk Idris
dan Tim Homepathy oleh Pak Elon beserta Ibu Tien Kartika dan ibu Titik Sartika. Alhamdulillah, salah satu warga yang sempat diwawancara merasa senang dan merasakan manfaat dari acara baksos secara keseluruhan dan pengobatan secara khususnya. Apalagi di bulan Ramadhan ini saat cuaca terasa panas dan terik, yang membuat kesehatan menjadi menurun.

Yang juga tidak kalah diminati oleh warga dan anggota adalah cukur rambut gratis. (CRG). Saat awal acara sebanyak lebih 26 orang di cukur dengan 2 orang Penyukur Rambut. Dan antrian pun semakin siang semakin ramai. Baik orangtua ataupun anak2. Mereka dengan sabar menunggu giliran mereka di bawah pepohonan yang rindang.

Dan yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga adalah Bazaar Sembako Murah Meriah ( BS2M). Walaupun banyak warga yang berdatangan tetapi tidak terjadi kepadatan antrian dalam pembagian sembako seperti di tahun-tahun sebelumnya krn rentang waktu yg dibuat oleh panitia utk penukaran kupon sembako sangat panjang dari pukul 9.30 pagi sampai pukul 14.00 siang.

Penukaran kupon warga dilayani oleh 2 orang Lajnah yaitu Ibu Sri Murni A dan Ibu Mey dengan sabar dan semangat melayani warga yg tiada henti mengambil sembako. Sebanyak total 265 paket yang ada, 40 paket gratis dibagikan bagi warga dan anggota yg tidak mampu sedangkan sebanyak 225 paket di dijual dengan harga 30.000 rupiah, berisi beras 4 liter, minyak 1liter, gula 1kg, kacang kupas 1kg, sirup 1 botol.

Acara ini dihadiri juga oleh Pengurus RT 01 RW 04 dan tokoh masyarakat setempat yang juga mendaftarkan diri sebagai pasien dalam pemgobatan gratis ini.

Tidak terasa tiba waktu Zhuhur, kegiatan untuk sementara dihentikan untuk ‘break’ sholat. Tetapi demi keamanan masjid, beberapa bapak bapak beserta Khudam masih tetap diluar untuk bergantian berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah 20 menit kemudian acara dilanjutkan kembali. Suasana masjid Al Misbah yang sebelumnya penuh dengan warga sekitar semakin siang semakin lengang dan sepi tetapi walau panas matahari terasa begitu tajam, masih ada saja warga yg datang untuk menukarkan kupon yang sudah didapat ke panitia ataupun memilih pakaian Pantas Pakai.

Sampai Acara berakhir sebanyak lebih kurang dari 200 potong baju terjual dalam Bazaar Pakaian Pantas Pakai ini. Dan lebih dari 41 orang mendapatkan cukur gratis. Serta sebanyak 44 orang mendaftarkan diri dalam pengobatan Gratis ini.

Pukul menunjukkan 14.00 yang merupakan akhir dari acara Baksos ini, para Lajnah ibu Cut Sadilda, Ibu Nuraisyah Basyir dibantu ibu Rosmawati mulai merapihkan kembali pakaian- pakaian pantas pakai yang masih tersisa. Dan tim pengobatan yang sejak pukul 12 siang sudah berakhir mulai bebenah dan merapihkan peralatannya.

Dengan demikian berakhirlah kegiatan
hablum minannaas‘ kita. Semoga apa yang bisa diberikan baksos kali ini mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk warga sekitar dan anggota kita. Dan semoga kita masih diberikan kesehatan agar dapat terus berkhidmat dalam acara baksos di tahun berikutnya..amin

Reportase : Mln. Ma’mun Ahmad mubda jabar 01. Ditambahkan oleh Ibu Atun Sekr. Isyaat LI

Baca juga

Kunjungan Lajnah Imaillah Bangka ke Panti Jompo “Rumah Bersama”.

Hits: 44 Bangka, (17/10). Lajnah Imaillah Bangka mengunjungi sebuah Panti Jompo yang dibangun oleh seorang ...

Tinggalkan Balasan