Home / Uncategorized / CALON DONOR MATA ANTUSIAS IKUTI PEMERIKSAAN MATA

CALON DONOR MATA ANTUSIAS IKUTI PEMERIKSAAN MATA

Hits: 160

Garut, (26/12020). Aula Peace Center Jemaat Ahmadiyah Cabang Garut ramai didatangi para anggotanya, tidak hanya dari dari Cabang Garut, tapi juga dari Cabang-cabang lainnya di Daerah Jabar 06. Para anggota ini merupakan Calon Donor Mata yang akan memperoleh pelayanan istimewa dari Tim Dokter Mata Rumah Sakit Cicendo Bandung, berupa pemeriksaan mata gratis.

Kegiatan ini merupakan Program Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia – Bank Mata Indonesia Cabang Jawa Barat bekerjasama dengan Humanity First Indonesia Give Eyes, yang di adakan di 2 tempat yaitu Bandung dan Garut, dan dengan pemeriksaan mata ini, mereka bisa mengetahui kondisi kesehatan matanya.

Disela-sela pemeriksaan, dr. Niken, Ketua Tim dari RS Cicendo menyatakan bahwa “Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan kornea mata para Calon Donor Mata, juga untuk menjaring calon-calon donor mata baru”.

Data di RS Cicendo tahun 2019 lalu, ada 412 pasien daftar tunggu yang membutuhkan kornea mata, untuk berbagai keluhan kebutaan. Sementara yang sudah terpenuhi baru sekitar 29 kornea mata. Antrian yang sangat panjang menurut dr. Niken disebabkan bukan karena sedikitnya calon pendonor mata, melainkan karena donor kornea baru bisa diambil ketika pendonor mata meninggal dunia.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun, khususnya bagi mereka yang sudah terdaftar sebagai calon donor mata lama, selain pemeriksaan kesehatan mata juga memberikan edukasi bagaimana merawat kesehatan mata khususnya kornea.

Tim dari RS Cicendo yang terdiri dari 2 orang Dokter spesialis mata dan 3 orang ahli Refraksi mata melakukan pemeriksaan kepada sejumlah 140 Orang Calon Donor Mata baik dari kaum Ibu maupun Kaum Bapak. Hasil yang diperoleh, ditemukan beberapa orang terutama yang usia lanjut dengan keluhan mata katarak ringan dan berat. Untuk temuan pemeriksaan ini tim dokter memberikan surat rekomendasi untuk pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit untuk tindakan pengobatan maupun operasi. Temuan lainnya pada beberapa orang adalah mata minus. Namun, hal tersebut tidak menghalangi yang bersangkutan untuk mendonorkan matanya. Dan secara umum, calon donor mata lainnya dinyatakan sehat dan korneanya dapat didonorkan.

Dari kegiatan hari ini diperoleh 45 orang calon donor mata baru yang mengisi formulir, untuk selanjutnya akan diproses di bank mata untuk diterbitkan kartu tanda anggota donor mata, menyusul 53 Kartu Tanda Anggota Donor Mata yang hari ini diserahkan langsung oleh tim Dokter Mata Cicendo bagi para Calon Donor Mata di Daerah Jabar 06.

Tepat pukul 11.30, semua calon donor mata selesai diperiksa. Semoga kegiatan ini memberikan dampak baik bagi semua pihak, menggugah semangat pengkhidmatan bagi sesama yang membutuhkan, menarik semakin banyak calon donor mata lainnya. Mubarak bagi para calon donor mata di daerah Jabar 06.
“MATAKU UNTUK DUNIA BARUMU”

Baca juga

Geliat Rabtah Ahmadiyah Ciledug

Hits: 142 Pengurus Jemaat Ahmadiyah Ciledug melakukan rangkaian Rabtah kepada beberapa unsur Muspika Kecamatan Ciledug ...

Tinggalkan Balasan