Home / Mancanegara / ‘Gerak Jalan Amal untuk Perdamaian’ yang diadakan oleh Ahmadiyah untuk pertama kalinya di Parlemen Mengumpulkan Donasi Setengah Juta Poundsterling
'Gerak Jalan Amal untuk Perdamaian' yang diadakan oleh Ahmadiyah untuk pertama kalinya di Parlemen Mengumpulkan Donasi Setengah Juta Poundsterling

‘Gerak Jalan Amal untuk Perdamaian’ yang diadakan oleh Ahmadiyah untuk pertama kalinya di Parlemen Mengumpulkan Donasi Setengah Juta Poundsterling

Hits: 217

“Islam mengajarkan kita untuk melayani kemanusiaan dan menyebarkan perdamaian sehingga kami akan melanjutkan upaya kami untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Itu adalah tugas kita”

LONDON – Sebuah kampanye bertajuk ‘Gerak Jalan Amal untuk Perdamaian’ yang diselenggarakan oleh Jemaat Muslim Ahmadiyah mampu menggalang dana setengah juta poundsterling. Sebanyak £92,590 di antaranya disumbangkan ke Royal British Legion.

Sanjungan diberikan kepada Asosiasi Sesepuh Jemaat Muslim Ahmadiyah atas penyelenggaraan kegiatan amal dan penggalangan dana.

baca juga: 

“Islam mengajarkan kita untuk melayani kemanusiaan dan menyebarkan perdamaian sehingga kami akan melanjutkan upaya kami untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Itu adalah tugas kita”

Sebanyak setengah juta poundsterling yang terkumpul dalam acara Gerak Jalan Amal untuk Perdamaian tersebut kemudian disalurkan ke sejumlah badan amal Inggris pada sebuah acara khusus di House of Commons. Yang berlaku sebagai tuan rumah dalam jamuan khusus tersebut adalah Asosiasi Sesepuh Jemaat Muslim Ahmadiyah atau Ahmadiyya Muslim Elders Association (AMEA) dan All-Party Parliamentary Group untuk Jemaat Muslim Ahmadiyah. Acara ini berlangsung di Terrace Pavilion, House of Commons.

Dana yang terkumpul mayoritas berasal dari kegiatan ‘Gerak Jalan Amal untuk Perdamaian’ yang dilaksanakan pada awal tahun ini. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 2500 orang dan berlokasi di sekitar Royal Docks, London.

Kegiatan gerak jalan tersebut, yang tahun ini menginjak tahun ke 28, bertujuan untuk menggalang dana untuk berbagai badan amal di Inggris sebagai salah satu cara untuk mendorong anggota Jemaat Muslim Ahmadiyah untuk melayani kemanusiaan sesuai dengan arahan oleh Khalifah atau pemimpin spiritual dari komunitas tersebut, Yang Mulia Hazrat Mirza Masroor Ahmad.

Kegiatan gerak jalan yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan bagian dari kampanye nasional Jemaat Muslim Ahmadiyah bertema ‘Bersatu Melawan Ekstrimisme’. Kampanye ini bertujuan untuk menyatukan masyarakat dan menunjukkan solidaritas dalam melawan ektrimisme dan menyebarkan perdamaian.

Banyak badan amal yang hadir pada jamuan khusus tersebut, termasuk Action for Children, MacMillan Cancer Support, Mary’s Meals, Humanity First, The Samaritans dan juga badan amal lokal kecil lainnya. Donasi yang terbesar disalurkan kepada the Royal British Legion dengan nominal £92,590. Donasi khusus juga disalurkan kepada Metropolitan Police Christmas Tree Appeal yang diterima oleh Commander Mac Chishty sebagai perwakilan dari komisaris Sir Bernard Hogan-Howe.

Sebanyak 150 peserta yang berasal dari 60 badan amal dan 29 anggota parlemen menghadiri jamuan tersebut, termasuk Rt Hon Chris Grayling (Sekretaris Negara bidang Perhubungan), Rt Hon Justine Greening (Sekretaris Negara bidang Pendidikan), Jane Ellison MP (Sekretaris Keuangan bidang Kas), Lord Ahmad of Wimbledon (Menteri Perhubungan), Gavin Barwell MP (Menteri London) and Siobhain McDonagh MP (Kepala APPG untuk Jemaat Muslim Ahmadiyah).

Para pembicara memberi sanjungan kepada Jemaat Muslim Ahmadiyah atas usaha mereka dalam memberikan pelayanan amal dan memperjuangkan kedamaian social.

Dr Ijazur Rehman, presiden dari Asosiasi Sesepuh Jemaat Muslim Ahmadiyah UK mengatakan, “Sungguh menyenangkan hati untuk dapat melihat kegiatan ini dapat dihadiri oleh berbagai badan amal dan para anggota parlemen senior. Motto Jemaat Muslim Ahmadiyah yang telah lama digaungkan adalah ‘Cinta kepada semua tanpa benci kepada siapapun’ dan kegiatan gerak jalan ini melambangkan inti sari dari motto tersebut, di mana orang-orang dari berbagai agama dan suku bergabung di bawah payung yang sama untuk tujuan yang sama, yakni membangun dunia yang lebih baik.”

“Dengan banyaknya penderitaan yang dialami masyarakat, kita harus melakukan segala cara yang memungkinkan untuk menolong orang lain – inilah yang diajarkan oleh keyakinan kami dan akan terus kami coba untuk mengamalkannya. Tahun ini merupakan tahun yang luar biasa dengan terkumpulnya setengah juta poundsterling, tapi kami harus dan akan terus berjuang untuk berbuat yang lebih baik dan membantu lebih banyak orang pada tahun-tahun yang mendatang.”

Mr. Rafiq Hayat, Presiden nasional dari Jemaat Muslim Ahmadiyah UK menyatakan,”Kegiatan ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerja keras dari badan-badan amal ini. Mereka mampu mengubah setiap koin yang terkumpul menjadi kegiatan yang dapat mengubah hidup orang lain seperti pembagian makanan, penyediaan tempat tinggal bagi tuna wisma dan orang miskin. Mereka juga membantu orang berkebutuhan khusus seperti orang tua, kaum difable atau yangsedang mengatasi permasalahan lain.”

Sumber: PRWEB
Alih Bahasa: Fadhil Ahmad Qamar
Editor: Lisa Aviatun Nahar

Baca juga

Pemuda Ahmadiyah Hartlepool Galang Dana untuk Korban Teror London

Hits: 375INGGRIS – Sejumlah pemuda muslim yang tergabung dalam Majelis Khuddamul Ahmadiyah Hartlepool mendukung pengumpulan ...