Home / Kemanusiaan / Jamaah Ahmadiyah Manislor Kampanyekan Gerakan Donor Kornea Mata.

Jamaah Ahmadiyah Manislor Kampanyekan Gerakan Donor Kornea Mata.

Hits: 504

Tercatat sebagai komunitas dengan calon pendonor kornea mata terbanyak se-Indonesia, Jamaah Ahmadiyah Manislor mengkampanyekan gerakan donor kornea mata pada acara Karnaval Budaya dalam rangka memperingati hari jadi Kuningan yang ke-520 di Kuningan, Rabu (5/9/2018).

Sekitar 20 orang calon pendonor kornea mata tergabung dengan kontingen parade Karnaval perwakilan Kecamatan Jalaksana.

Mereka membawa banner yang berisi promosi dan sosialisasi gerakan donor kornea mata, dan ketika kontingen ini melewati tenda kehormatan, Bapak Bupati mengacungkan kedua jempolnya sebagai isyarat positif atas kampanye mulia ini.

Gerakan donor kornea mata di Indonesia dinilai belum se-viral kegiatan donor darah. Hal ini diakui oleh Tjahjojo D. Gondhowiardjo, Ketua Bank Mata Indonesia dimana kebutuhan kornea bagi pasien kebutaan belum terpenuhi oleh pendonor lokal, sehingga Indonesia harus menerima kornea donor dari Belanda, Amerika Serikat, Filipina dan Nepal.

Dalam keterangannya di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center pada bulan Maret yang lalu, Tjahjono mengungkapkan, menjadi pendonor kornea mata tidaklah serumit yang dikira. Semua orang dapat mendonorkan kornea matanya kelak saat yang bersangkutan meninggal, berapapun usianya asalkan tidak meninggal akibat penyakit infeksi yang berat.

Tjahjono menambahkan bahwa donor kornea mata bukanlah menyerahkan bola mata secara utuh, hanya jaringan pada kornea yang diambil bagian terluar mata berupa lapisan bening.

Tjahjono menjelaskan bahwa keluarga pendonor harus lekas melapor ke Bank Mata Indonesia ketika calon pendonor meninggal dunia. Bank Mata sebaiknya dikabari maksimal enam jam paska pendonor menghembuskan napas yang terakhir, sehingga petugas dapat segera melakukan tindakan.

Setelah diambil, kornea disimpan dalam lemari berpendingin yang diberi gliserin dan anhidrat, untuk selanjutnya siap ditransplantasikan ke pasien dalam kurun 3-4 hari mendatang.

Semoga upaya kampanye donor kornea mata yang dilakukan oleh Jamaah Ahmadiyah Manislor ini bermanfaat dan dapat meningkatkan jumlah peserta calon pendonor kornea mata sehingga menjadi jalan keberkatan bagi mereka yang sangat membutuhkan. (IAG)

Baca juga

Pemuda Ahmadiyah ‘Bawa’ Asia Lebih Dekat dengan Danau Toba

Hits: 220Pemuda Ahmadiyah Sumatera Utara kali ini mencetak sejarah karena sukses menggelar pertemuan gabungan tahunan ...

Mau selalu update Warta Ahmadiyah?
Silakan klik tombol “Like/Sukai Halaman” di bawah ini.

Kritik/saran dapat Anda sampaikan pada kolom “Pesan” atau email ke
redaksi@warta-ahmadiyah.org
Terima kasih.