Home / Mancanegara / Kain Kafan Turin Dipamerkan Kembali di Italia
kain-kafan-turin-nabi-isa-yesus-warta-ahmadiyah

Kain Kafan Turin Dipamerkan Kembali di Italia

Hits: 388

Roma, 17 April. Sebuah pameran kain kafan Turin , yang diduga kain kafan Yesus Kristus, akan dimulai di pada hari Minggu di kota Italia utara Turin.

Jutaan wisatawan dan peziarah diperkirakan akan datang berduyun-duyun ke katedral kota untuk melihat peninggalan tersebut, yang terbuat dari kain linen herring-bone dan nampak memperlihatkan bagian depan dan belakang seorang pria berjanggut dengan berambut panjang.

Cetakan tubuh pada kain sepanjang 4,42 meter dan lebar 1,13 meter nampaknya menanggung berbagai cedera seperti penyaliban ditambah luka di sampingnya.

Perdebatan tentang keaslian relik itu telah berkecamuk selama beberapa dekade. Tes penanggalan karbon yang dilaporkan pada tahun 1998 dalam jurnal penelitian bergengsi Nature menunjukkan bahwa kain tersebut dibuat antara 1260 dan 1390, dan karena itu tidak lebih dari sebuah tipuan abad pertengahan.

Para pembela kain kafan membalas dengan klaim bahwa para peneliti telah keliru menguji dengan memasukkan bagian yang lebih baru pada kain, dan tes lain yang disarankan itu berisi serbuk sari dari tanaman yang hanya bisa ditemukan Tanah Suci.

Namun meskipun kontroversi terus berlangsung tidak menyurutkan pejabat untuk memuji pameran terbaru, yang dibuka pada 19 April.

“Ini adalah peristiwa besar … Setiap kali Kain Kafan ditampilkan kita melihat partisipasi besar -. Dari masyarakat, orang beriman dan pengunjung,” kata Walikota Turin Piero Fassino, menambahkan bahwa Paus Francis juga diharapkan untuk berkunjung.

Fassino segera beralih dengan perkataan yang sebagian besar katakan adalah arti sebenarnya dari Kain Kafan – daya komersialnya yang menarik.

“Sejauh ini kami sudah mendapatkan lebih dari satu juta pengunjung yang memesan datang ke kota ini untuk melihat kain kafan. Pameran ini dibuka hanya beberapa hari menjelang Expo 2015 sehingga pengunjung di Italia akan dapat melihat kedua kegiatan tersebut,” katanya.

Pejabat kota Turin menghitung bahwa pameran Kain Kafan akan memberikan kontribusi € 121 per-kepala ke perekonomian kota, sementara mereka yang tinggal lebih lama akan menghabiskan € 215 setiap hari.

Untuk memastikan lebih banyak publisitas Kain Kafan, Uskup Agung Turin akan membuka pameran sepanjang tiga bulan secara langsung siaran nasional Rai TV, yang akan memungkinkan Rai untuk meningkatkan pendapatan iklan dan kota dengan mengisi hotel dan restoran.

Sumber : http://news.xinhuanet.com/english/2015-04/18/c_134161881.htm