Home / Uncategorized / KDMI Bagikan Info Seputar Donor Mata di Tebing Tinggi

KDMI Bagikan Info Seputar Donor Mata di Tebing Tinggi

Hits: 255

“Kami dari KDMI (Komunitas Donor Mata Indonesia) Sumatera Utara yakin banyak yang belum paham mengenai donor mata. Barangkali setelah mendengar donor mata, orang akan berpikir seluruh bagian matanya akan dicopot dan didonorkan kepada orang lain yang membutuhkan”, demikian ungkap Dr. Muslihuddin mewakili KDMI SUMUT. Acara penyuluhan tentang donor mata ini sukses dilaksanakan pada hari Minggu (01/12) di Jemaat Paya Pasir, Tebing Tinggi.


Acara ini juga bertepatan dengan kegiatan Baksos yang dilaksanakan oleh Jamaat wilayah SUMUT 02. Hadir dalam acara penyuluhan tersebut ratusan warga dari Desa Paya Pasir dan sekitarnya.

Dalam paparannya, Dr. Muslihuddin menyampaikan bahwa banyak masyarakat yang masih awam dengan istilah donor mata. Banyak masyarakat yang tanda tanya mengenai kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas ini. Penyuluhan dan diseminasi informasi mengenai donor mata akan menjaring lebih banyak lagi para calon donor mata.


Dr. Muslihudin kemudian menjelaskan mengenai proses pengambilan kornea mata yang dilakukan oleh para tenaga ahli. Jadi yang dibutuhkan adalah kesiapsediaan sebagai anggota komunitas donor mata untuk dilakukan pengambilan kornea mata ketika calon donor mata telah meninggal dunia. Jadi keluarga dan ahli waris dari calon donor mata harus mengetahui juga mengenai hal ini, ungkapnya menjelaskan.

Dalam penjelasannya disampaikan bahwa orang yang memiliki penyakit menular seperti hepatitis, HIV, dll tidak diperkenankan juga untuk mendonorkan matanya karena dia akan menularkan penyakitnya tersebut. Seorang calon pedonor mata tidak boleh mengidap penyakit menular, demikain Dr. Muslihudin menambahkan. Beliau juga memberikan kesempatan kepada seluruh hadirin untuk memberikan pertanyaan seputar penjelasnnya mengenai donor mata.


Tim KDMI SUMUT juga menyempatkan berjumpa komunitas kepemudaan di Tebing Tinggi untuk mengadakan kerjasama dalam kegiatan positif lainnya demi kemaslahatan sesama umat manusia.

Kerjasama ini akan dilaksanakan melibatkan berbagai komunitas dengan visi dan misi yang sama yakni untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada kemanusiaan, ungkap Fahim Ahmad, ST selaku Ketua Bidang Humas KDMI SUMUT.

Meskipun tergolong baru dibentuk, KDMI SUMUT akan berusaha dengan memberikan kemampuan terbaiknya untuk berkiprah bagi kemanusiaan di wilayah SUMUT ini, tambahnya lagi meyakinkan.

Kontributor : Fahim Ahmad

Baca juga

Lajnah Imaillah Kotamobagu Ikuti Pelatihan Guru Mengaji

Hits: 34 Kotamobagu (11/12/2019) – Rabu pagi yang sejuk. Nampak orang-orang berbondong-bondong memasuki mesjid besar ...

Tinggalkan Balasan