Home / Uncategorized / Kegiatan Workshop Pembelajaran Kelompok Kerja Guru MI dan RA Kecamatan Kemang Bersama Ibu Sadr PPLI

Kegiatan Workshop Pembelajaran Kelompok Kerja Guru MI dan RA Kecamatan Kemang Bersama Ibu Sadr PPLI

Hits: 161

Bogor, (20/7). Di Aula Kantor Kecamatan Kemang telah berlangsung workshop pembelajaran KKG (Kelompok Kerja Guru) MI dan RA se-kecamatan Kemang.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 77 orang guru MI dan 10 orang guru RA ini dibuka oleh Bapak Camat Kemang, Bpk. Nana Mulyana, M.Si. Selain beliau, hadir juga Ibu Iin Solihat, M.Pd yang merupakan Pengawas Depag MI dan Bpk. Naman, S.Pd.I sebagai Ketua KKMI Kemang.

Workshop ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Sebagai pembicara utama, Sadr PPLI, Ibu Dr. Siti Aisyah Bakrie, M.Pd, memberikan dua materi workshop. Yang pertama, tentang Pembelajaran Menyenangkan di Era Revolusi Industri 4.0 dan yang kedua, tentang Keterampilan Dasar Mengajar.
Dengan karunia Allah Ta’ala, kegiatan workshop ini berlangsung dengan sukses. Dengan mengusung tema revolusi industri 4.0, Ibu Siti Aisyah Bakrie menyampaikan pesan penting tentang peran guru dalam membangun karakter siswa di era ‘Cyber: ini.

Guru diharapkan mampu menjadi ‘remote control’ dalam pendidikan anak di sekolah. Posisi guru tidak hanya memberikan pengetahuan bagi anak didiknya namun juga melatih mereka agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan tangguh.

Pada sesi kedua, Ibu Siti Aisyah Bakrie juga menjelaskan bagaimana menjadi sosok utuh sebagai guru yang berkompetensi. Di antara beberapa kriterianya, beliau menuturkan bahwa guru haruslah mengenal anak didik secara mendalam, mampu menguasai substansi dan metodologi disiplin ilmu, dan menguasai pembelajaran yang mendidik serta dapat mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Di sela-sela workshop, para guru juga diberikan simulasi tentang kasus-kasus yang sering dihadapi di sekolah yang berhubungan dengan bagaimana cara menerapkan pembelajaran yang mendidik. Para peserta workshop pun tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selain itu, panitia juga menyediakan door price bagi para guru yang berperan aktif dalam menjawab pertanyaan maupun yang bersedia maju ke depan untuk berbagi pengalaman serta yang berinisiatif untuk membuat role play sederhana tentang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah saw bersabda: “Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai dengan liang lahat”. Hadist ini memberikan kita motivasi tentang upaya yang dilakukan secara berkesinambungan dalam menuntut ilmu bagi setiap Muslim. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dalam kegiatan workshop ini dapat bermanfaat dan menjadi bekal bagi para guru dalam memberikan pendidikan yang berkualitas bagi penerus bangsa yang kita cintai ini. Aamiin.

Kontributor : Muavin Sadr Bidang Humas PPLI untuk Wilayah Sekitar Markaz dan Bogor

Baca juga

GEBYAR HUT RI, AHMADIYAH CIMAHI GELAR DONOR DARAH.

Hits: 106 Cimahi, (16/8). Ditengah semaraknya warga kota Cimahi menyambut HUT RI ke 74, Ahmadiyah ...

Tinggalkan Balasan