Home / Daerah / Kejadian Tragis 14 Tahun yang lalu Melatar Belakangi Hari Peduli Sampah Nasional

Kejadian Tragis 14 Tahun yang lalu Melatar Belakangi Hari Peduli Sampah Nasional

Hits: 184

Untuk kesekian kalinya Lajnah Imaillah (Muslimah Ahmadiyah) Sukabumi mendapat undangan dari Walikota dan Dinas Kebersiham Kota Sukabumi dalam rangka Memperingati HPSN 2019 di TPA Cikundul Kecamatan Lembur Situ Kota Sukabumi, pada Rabu 06 Maret 2019.

Tepat pukul 07.00 WIB rombongan berangkat menuju lokasi. Kedatangan kami disambut baik oleh Panitia dan para tamu undangan yang sudah memadati tempat acara. Tampak tamu dari Kejaksaan sudah hadir persis disamping kami.

Setelah waktu berselang Walikota Sukabumi H.Achmad Fahmi, S.Ag beserta isteri dan rombongan tiba sambil menyalami warga, beliau menuju dan menempati kursi yg sudah dipersiapkan panitia.

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian Amanat Walikota. “Hari Peduli Sampah Nasional ini dilatar belakangi karena kejadian tragis 14 tahun yang Lalu yaitu longsornya TPA Leuwigajah di Bandung tgl 21 Pebruari 2005 yang menelan korban 157 jiwa”, tuturnya.

“Warga Sukabumi dapat senantiasa menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat. Karena produksi sampah di Sikabumi per harinya mencapai 171,2 ton. Sementara saat ini lahan yang sudah terpakai di TPA Cikundul 10,7 Ha dan hanya bisa menyisakan 1,2 Ha lahan. Tentunya dengan jumlah lahan tersebut diperkirakan hanya mampu menampung untuk beberapa tahun lagi sehingga harus antisipasi secepatnya.”, Ujarnya.

Diakhir amanatnya beliau menyampaikan warga untuk bisa mengolah sampah menjadi barang yang berharga dan bermanfaat. Hal ini sangat sesuai dengan tema HPSN 2019 : “Kelola Sampah Hidup Bersih Sehat dan Bernilai”

Fahmi sangat mengharapkan agar warga Sukabumi dapat mendisiplinkan dalam membuang sampah pada tempatnya dan meminimalisir penggunaan sampah pelastik yg sulit untuk diurai.

Kontributor : Ny. Rafika Setiasih

Baca juga

Geliat Tabligh Muslimah Ahmadiyah Baros, Cianjur.

Hits: 142 Jum’at tanggal 15 Maret 2019, Muslimah Ahmadiyah Baros mengadakan silaturrahim (rabtah) mengunjungi beberapa ...