Home / Daerah / Keluarga Donor Mata Manislor Raih Penghargaan Dalam HKN ke-55

Keluarga Donor Mata Manislor Raih Penghargaan Dalam HKN ke-55

Hits: 592

12 November adalah momentum bagi tenaga kesehatan karena dìperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Tahun 2019 adalah Peringatan HKN yang ke-55.

Instansi kesehatan dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Upacara HKN ke-55 di Pendopo Pemerintah Daerah Kab. Kuningan.

Upacara ini rutin setiap tahun dilaksanakan dengan melibatkan pemerintah daerah, puskesmas, Rumah sakit, organisasi profesi kesehatan, universitas/ sekolah tinggi, persatuan dharma wanita dan lintas sektor lainnya yang terkait. Ada hal yang berbeda di peringatan HKN ke-55, yaitu langsung dihadiri oleh Ketua Komunitas Donor Mata Indonesia (KDMI) Provinsi Jawa Barat, yaitu dr. Alma Lucyati

Suatu kehormatan bagi Jemaat Muslim Ahmadiyah Manislor, yang mana mendapatkan undangan khusus untuk menghadiri peringatan HKN dari Dinas Kesehatan Kab. Kuningan bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Dalam hal ini JAI Manislor diundang untuk menerima penghargaan bagi keluarga yang sudah mendonorkan kornea matanya. Perwakilan dari Manislor berjumlah 7 orang ditambah perwakilan dari Cirebon yang diwakili oleh Tn. Engkun dan istrinya.Sampai saat ini sudah 47 kantong mata yang didonorkan.

Upacara HKN ini dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati kab. Kuningan, dalam amanatnya bupati Kuningan H. Acep mengatakan “Kabupaten Kuningan patut berbangga hati, karena merupakan Kabupaten terbanyak dalam mendonorkan kornea mata di Tahun 2019. Saya siap mendonorkan kornea mata saya semata-mata untuk ibadah”.

Tak heran respon seisi lapangan upacara merespon baik ucapan dari Pak. Acep ini. Beliau juga mengajak agar kedepannya semakin banyak pendonor kornea mata di kabupaten Kuningan, karena berdasarkan informasi ada 800 orang di Provinsi Jawa Barat yang membutuhkan kornea mata.

Pasca upacara, 5 perwakilan keluarga yang sudah mendonorkan korneanya disilahkan maju untuk mendapatkan piagam penghargaan dan bingkisan dari KDMI Prov. Jabar. Selain oleh Bupati Kuningan, piagam tersebut diberikan juga oleh Ketua KDMI Provinsi Jabar, Ibu Bupati dan Ibu Wakil Bupati Kabupaten Kuningan secara beruntun. Senyum haru saat itu menyelimuti perwakilan keluarga pendonor yang hadir.

Dipenghujung acara, Ketua KDMI Provinsi Jabar menyampaikan pesan kepada salah seorang perwakilan keluarga pendonor, “Sosialisasikan donor kornea mata ini kepada masyarakat luas dan sampaikan bahwa mendonorkan kornea tidak perlu takut”, ujar dr. Alma.

Untuk mengenang momentum ini, keluarga pendonor kornea mata dari JAI melakukan foto bersama Bupati dan istri, Wakil Bupati, Ketua KDMI Prov. Jabar, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kuningan dan lainnya. Koordinator KDMI dari JAI Manislor, Bapak Rusdi Sriwiyata berbisik kepada Bupati “Kami meningingkan Bapak untuk mengisi formulir Donor Kornea Mata”, dan direspon positif oleh Bupati.

Harapannya semakin hari kesadaran Kuningan terhadap kesehatan dan kepedulian untuk mendonorkan kornea matanya semakin meningkat. Seperti halnya tema dalam HKN ke55 yaitu Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

Kontributor : Reni Zahra & Fivo Nugraha

Baca juga

Lajnah Imaillah Tambun Kunjungi Panti Jompo

Hits: 23 Tambun, (12/12/2019). Pengurus dan anggota Lajnah imaillah cabang Tambun berkunjung ke Panti Jompo ...

Tinggalkan Balasan