Home / Mancanegara / Khurshid Ahmad Parbhakar Darwisy Meninggal Dunia di Qadian
Khurshid Ahmad Parbhakar Darwisy Meninggal Dunia di Qadian

Khurshid Ahmad Parbhakar Darwisy Meninggal Dunia di Qadian

Sebulan sebelumnya, Khurshid Ahmad Parbhakar telah memperkirakan bahwa saat kematiannya sudah dekat.

Khurshid Ahmad Parbhakar Darwisy meninggal dunia di Qadian pada 28 Juli 2015 setelah jatuh sakit beberapa saat. Beliau menghembuskan nafasnya terakhirnya pada pukul 4 pagi  waktu setempat di Noor Hospital, Qadian. Beliau meninggal dunia dalam usia  96 tahun.

Lahir di desa Dhani Dev di Tehsil Narowal, kini Distrik Sialkot di Pakistan, Khurshid Parbhakar datang ke Qadian atas panggilan  Hazrat  Mirza Bashiruddin Mahmud Ahmad, Khalifah Jamaah Muslim Ahmadiyah yang kedua, untuk melindungi tempat-tempat suci pada masa partisi India-Pakistan.

Di pertengahan tahun 1940-an sebanyak 313 murid Imam Mahdi datang ke Qadian untuk menjaga tempat-tempat suci atas panggilan pemimpin spiritual Ahmadiyah, mereka kemudian dikenal sebagai Darweshan-e Qadian (para Darwisy Qadian).

Khurshid Ahmad Parbhakar Darwisy Meninggal Dunia di Qadian sedang menerjemahkan alquran ke dalam bahasa hindi
Khurshid Ahmad Parbhakar Darwisy sedang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Hindi

Khurshid Ahmad Parbhakar adalah seorang Cendekiawan dan ilmuwan, beliau telah menulis sebanyak 15 buah buku, sekitar 300 artikel dan sekitar 250 puisi  sepanjang hidupnya.

Ia ditugaskan oleh pemimpin Ahmadiyah untuk menerjemahkan Al Qur’an ke dalam bahasa Hindi yang dimulainya pada tahun 1959 dan penerjemahan tersebut selesai di tahun 1967.

Khurshid Ahmad Parbhakar meninggalkan 6 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Salah satu anak laki-lakinya, Krishan Ahmad, pegawai dari Sadr Anjuman Ahmadiyya Qadian dimana ia telah menjabat untuk waktu yang lama di kantor Mingguan Badr dan juga sebagai koresponden pers untuk Dainik Jagran (Hindi) dari Qadian.

Khurshid Ahmad Parbhakar dimakamkan di Bahishti Maqbarah pada 29 Juli 2015.

Maulana Mohammad Inam Ghori, Ketua Sekretaris Jamaah Muslim Ahmadiyah India, menyampaikan belasungkawa atas kepergian Darwesh Parbhakar.

Mantan menteri kabinet dan dan Ketua Badan ITI Punjab Sewa Singh Sekhwan juga turut menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga yang ditinggalkan.

Hari ini (28 Juli 2015), Maulana Zaheer Ahmad Khadim, Sekretaris Jamaah Ahmadiyah; Mohammad Nasim Khan, Sekretaris Umur Amah; Chaudhry Mansoor Ghanokay, Naib Nazim Majlis Ansarullah Qadian; Ashwani Mahajan, Ketua Press Club Qadian; mengunjungi keluarga Darwesh Pharbakar dan menyampaikan simpati dan belasungkawa.(ads)

 

Baca juga

Guru Besar UIN Alauddin Makassar Tegaskan Jemaat Ahmadiyah Bagian dari Islam

JAKARTA – Mochamad Qasim Mathar, Guru Besar UIN Alauddin Makassar menegaskan bahwa Ahmadiyah adalah bagian ...

2 komentar

  1. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.
    Semoga segala amal ibadah beliau diterima di sisi Allah swt. Dan keluarga yg ditinggalkan diberi kesabaran. Aamiin.

  2. Innalillilahi wa innailaikum rojiun. Semoga amal berhidmat yg tulus di terima oleh Allah swt dan keluarga selalu di beri terus karunia dari Tuhan. Amin

Tinggalkan Balasan

Mau selalu update Warta Ahmadiyah?
Silakan klik tombol “Like/Sukai Halaman” di bawah ini.

Kritik/saran dapat Anda sampaikan pada kolom “Pesan” atau email ke
redaksi@warta-ahmadiyah.org
Terima kasih.