Home / Nasional / Mengenal Lukman Thaher, Anggota AMSA Bogor Peraih Beasiswa yang Menempuh Pendidikan di Malaysia
lukman-thaher-amsa-bogor-kuliah-malaysia

Mengenal Lukman Thaher, Anggota AMSA Bogor Peraih Beasiswa yang Menempuh Pendidikan di Malaysia

Struggle, Kunci Sukses Kuliah di Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di luar negeri merupakan keinginan semua orang. Ada rasa bangga, terlebih jika mendapatkannya melalui jalur beasiswa. Lukman Thaher, salah seorang Khuddam asal Bogor yang berkesempatan melanjutkan pendidikan di salah satu Universitas di Malaysia.

Bogor menjadi salah satu pintu gerbang pria yang akrab disapa Lukman ini untuk meraih mimpinya kuliah di luar negeri. Lulus dari SMA Negeri 5 Bogor dia mengikuti beasiswa yang diselenggarakan Direktorat Jendral                 Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Dia mengikuti sebuah program yang dinamakan ASEAN International Mobility for Student (AIMS). Program ini secara singkat adalah pertukaran pelajar dari  Indonesia ke Negara – Negara ASEAN.

“Negara negara yang menjadi tujuan biasanya Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Terbaru ada Jepang,”ujar pria kelahiran Samarinda, 26 Februari 1994 ini pada Warta Ahmadiyah.

Dia juga menuturkan selama menempuh pendidikan di Malaysia ia tinggal di asrama dan segala keperluan ditanggung sepenuhnya oleh DIKTI. Terhitung sejak awal September 2015, Lukman sudah memulai pendidikannya di Malaysia.

Disinggung soal adaptasi, pria berkacamata ini mengatakan bahwa ia tidak mengalami kesulitan berarti dalam beradaptasi terhadap orang maupun lingkungan. Hal ini didukung oleh Malaysia dan Indonesia yang masih satu rumpun. Namun dibalik kemudahan tersebut, Lukman mengatakan bahwa proses adapatasi tergantung individu masing masing.

“Pilihannya mau struggle atau nggak. Di sini (Malaysia  –red) konsepnya jangan malu bertanya. Kebanyakan orang Malaysia bisa berbahasa Indonesia,” ungkapnya.

Lukman yang juga pernah menjabat Wakil Presiden AMSA Bogor juga mengungkapkan bahwa dengan bergabung dengan AMSA, dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta jiwa kepemimpnan yang juga menjadi bekal utama menempuh pendidikan di luar negeri.

Ia juga  memberikan pesan kepada para pelajar Ahmadi yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.  Tahap awal menurutnya adalah dengan membuat passport serta selanjutnya mengirimkan lamaran beasiswa dengan berbagai cara.

“Perdalam juga kemampuan berbahasa Inggris, terutama percakapan sehari – hari. Mau di negara manapun tetap bahasa pemersatunya, Bahasa Inggris,” ujar mahasiswa jurusan food technology tersebut di akhir wawancara.

Reporter : Talhah Lukman Ahmad

Baca juga

Akademisi dan Tokoh Agama di Bogor Rawat Pluralisme Lewat Dialog

BOGOR–  Jemaat Ahmadiyah Bogor bekerja sama dengan AMSA Kota Bogor menggelar forum dialog bertajuk Kepemimpinan ...

3 komentar

  1. Good and success…

  2. Alhamdulillah. semoga media ini terus maju dan berkembang.

  3. Mubarak……Semoga Allah swt senantiasa memberi kemudahan & kesuksesan, Aamiin

Tinggalkan Balasan

Mau selalu update Warta Ahmadiyah?
Silakan klik tombol “Like/Sukai Halaman” di bawah ini.

Kritik/saran dapat Anda sampaikan pada kolom “Pesan” atau email ke
redaksi@warta-ahmadiyah.org
Terima kasih.