Home / Nasional / MENGAWALI TAHUN 2018, JEMAAT JAKARTA BARAT ADAKAN KEGIATAN WISATA TARBIYAT

MENGAWALI TAHUN 2018, JEMAAT JAKARTA BARAT ADAKAN KEGIATAN WISATA TARBIYAT

Diawal tahun 2018 ini, Jemaat Ahmadiyah cabang Jakarta Barat memulai kegiatan tarbiyatnya dengan melaksanakan Kegiatan Wisata. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6-7 Januari 2018 bertempat di Kawasan Villa Saung Kalapa Bogor, Jawa Barat. Mengusung tema “ Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kualitas Tarbiyat dan Pengorbanan Dalam Jemaat “, kegiatan ini sukses menarik 176 anggota Jakarta Barat untuk ikut serta. Alhamdulilah jumlah ini melebihi dari target 150 peserta. Anggota yang ikut terdiri dari 18 orang Anshar, 28 orang Khuddam, 15 orang Abna, 71 orang LI, 12 orang Nashirat dan 9 orang Banath.

Rombongan meninggalkan Jakarta menuju Bogor dengan menggunakan 2 Bus dan beberapa mobil pribadi. Setibanya di lokasi, Acara dimulai dengan pendaftaran peserta, pembukaan, shalat Zuhur jama Ashar berjamaah dan dilanjutkan dengan santap siang. Khusus untuk anak-anak Athfal dan Nashirat telah disiapkan Tenda Camping untuk menginap. Keseruan pun terpancar dari wajah anak-anak karena mereka bisa menikmati camping di tempat yang sangat sejuk dan segar.

Kemudian, Acara pun dilanjutkan dengan kegiatan Fun Walk. Sebagaimana judulnya, Fun Walk disini merupakan kegiatan Jalan santai menelusuri perkebunan di sekitar Villa tempat menginap. Kegiatan ini pun dikemas dengan pembentukan Hizeb yang terdiri dari 10 orang anggota masing-masing untuk kaum bapak dan kaum ibu secara terpisah. Setiap Hizeb pun harus terdiri dari lintas badan tanpa batasan usia namun tetap pada batasan pardah. Semua anggota baik Anshar, Khuddam, LI, Athfal, Nashirat, bahkan Banath dan Abna pun turut serta dalam kegiatan Fun Walk ini. Sambil berjalan santai, setiap anggota per hizeb pun harus bekerja sama karena sepanjang jalan akan melewati beberapa pos-pos, dimana setiap pos terdapat games, baik itu games rohani dan jasmani. Kegiatan Fun Walk yang dikemas seperti ini sukses menghadirkan keceriaan dan keseruan.

Malam harinya, moment keceriaan dan kebersamaan pun semakin terasa. Ditemani dengan pemandangan langit malam hari yang sangat indah, acara makan malam pun semakin terasa nikmat karena panitia mengemasnya dengan menyantap bersama Nasi Liweut yang beralaskan daun pisang yang menjadi menu andalan di acara ini. Setelahnya, dilanjutkan dengan MaKrab (Malam Keakraban) dengan menampilkan beberapa foto-foto kegiatan yang sudah dilaksanakan di siang hari, Kaleidoskop Kegiatan cabang di tahun 2017, Perkenalan Pengurus dengan anggota, acara Q & A yakni “Anggota Bertanya Pengurus & Mubaligh Menjawab” dan sebelum tidur ditutup dengan api unggun dan makan jagung bakar.

Dini hari kegiatan dilanjutkan dengan Shalat Tahajud berjamaah dilanjutkan dengan Shalat Subuh. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh khidmat di tengah keheningan malam. Setelahnya Bapak Mubaligh Mln. Isa Mujahid Islam memberikan dars Subuh dengan tema Hakikat Pengorbanan. Pengorbanan berasal dari kata qaraaba, yaqrabuu, qurbaan. Yang artinya dekat, jadi Pengorbanan merupakan cara kita untuk meraih kedekatan kepada Allah Ta’ala.

Pagi harinya peserta berolahraga dan menyusuri hutan pinus sambil melihat kawanan kera liar dan sebagian ada yang sampai mendaki hingga menuju lokasi curug nangka.

Setelah sarapan pagi, acara ditutup dengan pembagian hadiah kegiatan Fun Walk, Beberapa testimony dari anggota Jakarta Barat juga Nasihat dari bapak Mubaligh. Syukur Alhamdulilah rangkaian acara kegiatan wisata tarbiyat tahun ini telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Semoga acara ini dapat meningkatkan kualitas tarbiyat dan pengorbanan anggota dalam Jemaaat dan dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

 

Mansurah Fauziah

Baca juga

Dihadiri Sadr Ansarullah, Maulid Nabi di Panyairan Berlangsung Khidmat

CIANJUR – Peringatan maulid nabi atau dikenal juga dengan siratun nabi Muhammad SAW di Jemaat ...

Tinggalkan Balasan

Mau selalu update Warta Ahmadiyah?
Silakan klik tombol “Like/Sukai Halaman” di bawah ini.

Kritik/saran dapat Anda sampaikan pada kolom “Pesan” atau email ke
redaksi@warta-ahmadiyah.org
Terima kasih.