Home / Kemanusiaan / Menyumbang Darah, Menyambung Silaturahmi
ahmadiyah-sukabumi-donor-darah-3

Menyumbang Darah, Menyambung Silaturahmi

Hits: 129

Sudah beberapa hari ini Sukabumi rajin diguyur hujan deras di beberapa daerahnya, termasuk di daerah Kota Sukabumi. Dan pada hari Jum’at, 12 November ini cuaca seolah kembali mendung, tampak dari gelapnya langit siang itu. Setelah ba’da shalat Jum’at, tepat disaat kegiatan donor darah rutin di Cabang Sukabumi akan segera berlangsung, akhirnya hujan turun dengan cukup deras.

Menyumbang Darah, Menyambung Silaturahmi

Dalam kegiatan donor darah kali ini, ada yang sedikit berbeda. Dapat terlihat dalam banner yang terpasang di lantai dua Mesjid Bilal, tempat berlangsungnya kegiatan tersebut. Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini kami turut mengundang beberapa kawan dari FOPULIS (Forum Pemuda Lintas Iman Sukabumi) untuk ambil bagian dalam kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang sering diadakan oleh pengurus Cabang Sukabumi setiap 3 bulan sekali. Kegiatan yang diketuai oleh Bpk Rudi, selalu mendapatkan antusiasme yang cukup baik dari banyak anggota dan pengurus. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan PMI Kota Sukabumi yang sudah sering sekali turut membantu dalam setiap pelaksanaan donor darah semacam ini. Sayang sekali, sudah dalam beberapa kesempatan donor darah di Sukabumi, pendonor didominasi oleh Khuddam dan Anshar. InsyaAllah ke depannya akan ada partisipasi yang lebih dari anggota Lajnah Imaillah juga. Aamiin…

Berdasarkan laporan yang didapatkan, dari 33 orang yang mendaftarkan diri untuk menjadi pendonor, ada 18 orang yang dapat ikut mendonorkan darahnya. Alhamdulillah, di antara 18 labu tersebut termasuk di antaranya 2 labu dari anggota FOPULIS yang turut mendonor. Keikutsertaan rekan-rekan FOPULIS diharapkan dapat mempererat silaturahmi kami yang terjalin semakin baik pasca kegiatan Pelatihan HAM dan Hak-hak Konstitusional yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam pelatihan tersebut ada beberapa Lajnah Imaillah yang turut ambil bagian dan alhamdulillah silaturahmi terus berlanjut hingga kini.

Di tempat lain, tepatnya di Cabang Lebaksari turut dilaksanakan kegiatan donor darah serupa yang bekerjasama dengan PMI setempat. Kegiatan yang juga berlangsung di hari yang sama dengan donor darah di Sukabumi, bertempat di Mesjid Baitul Rahim, Lebaksari. Hampir setiap kegiatan donor darah di Wilayah Jawa Barat III ini merupakan kegiatan rutin setiap 3 bulan sekali yang diikuti cukup banyak anggota di masing-masing cabang. Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini Jemaat Cabang Lebaksari dapat menyumbangkan 14 labu. Meskipun dari jumlahnya mengalami penurunan, namun harapan terbesar tentu mengharapkan setiap tetes darah para pendonor dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya.

Kegiatan donor darah juga sebelumnya sudah dilaksanakan di Cabang Parakansalak pada tanggal 8 November 2015 di Madrasah Cabang Parakansalak. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dengan jumlah penyumbang darah sebanyak 21 orang dengan rincian, 11 orang Lajnah, 4 orang Khuddam dan 6 orang Anshar. Sama halnya dengan kegiatan yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya, kegiatan di donor darah ini merupakan kerjasama rutin dari Cabang dan PMI setempat.

Kegiatan sosial semacam ini sangat berguna bukan hanya sebagai sarana untuk turut serta aktif dalam isu kemanusiaan semata. Di sisi lain, seperti yang telah terlaksana di Cabang Sukabumi, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana guna memperkuat silaturahmi dengan rekan-rekan yang respect kepada Ahmadiyah. Karena serinnya pertemuan seperti ini mau tidak mau keakraban dapat terjalin lebih baik. Termasuk dalam pertemuan yang diadakan setelah selesai turut serta dalam donor darah hari itu, rekan-rekan FOPULIS juga menyampaikan undangan terbuka untuk ikut serta dalam acara peringatan jelang Hari Toleransi Internasional. Subhanallah… mendayung satu, dua pulau terlampaui. Ibarat demikian, kita mendapatkan lebih dari yang kita harapkan. Semoga dalam kesempatan selanjutnya ada lebih banyak anggota yang dapat menyumbangkan darahnya, di samping tetap senantiasa dapat menjalin silaturahmi yang lebih erat dengan rekan-rekan pro-toleransi. Aamiin…

Oleh: Sida Siddikah Tahirah

 

Baca juga

Ahmadiyah Kuningan Peringati Hari Kemerdekaan Dengan Donor Darah

Hits: 407Kuningan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesi yang ke-73, Jemaat Ahmadiyah ...

Tinggalkan Balasan