Home / Daerah / Muslimah Ahmadiyah Depok, Kampanyekan ‘Keep Your Hand Clean’

Muslimah Ahmadiyah Depok, Kampanyekan ‘Keep Your Hand Clean’

Hits: 620

Dalam rangka menyambut hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober, Muslimah Ahmadiyah Depok menggelar kegiatan edukasi kesehatan bagi masyarakat melalui kampanye ‘Keep Your Hand Clean’ di Depok, Minggu (9/9/2018)

Edukasi ini dinilai sangat penting mengingat kesadaran masyarakat terkait kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun masih sangat kurang, padahal kebiasaan ini sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kwalitas kesehatan seseorang.

Upaya percepatan kesadaran dan peningkatan perilaku mencuci tangan dengan sabun ini perlu dilakukan secara berkesinambungan mengingat data survey UNICEF pada tahun 2014 menunjukan bahwa hanya 15,9 persen saja yang sudah menjalankan kebiasaan ini dengan baik, artinya masih banyak yang belum melaksanakannya.


Sejatinya tangan merupakan salah satu jalur utama masuknya beragam kuman yang dapat menyebabkan penyakit, dan juga menjadi media penularan penyakit seperti diare. UNICEF memberikan data bahwa 9,2 persen kematian balita di dunia disebabkan oleh penyakit diare, yakni sekitar 600.000 balita meninggal setiap tahunnya.

Berbagai riset menunjukan bahwa resiko penularan penyakit tersebut dapat berkurang dengan adanya peningkatan perilaku hidup yang bersih, sehat, higienis seperti mencuci tangan dengan sabun pada saat-saat tertentu.

Atas dasar fakta inilah Muslimah Ahmadiyah Depok dengan penuh semangat turun ke jalan mengkampanyekan hakikat hidup sehat melalui tangan yang bersih.

Respon masyarakat sangat positif atas kegiatan ini, hal ini nampak dari antusiasnya mereka mampir ke stand kesehatan milik Muslimah Ahmadiyah Depok untuk menyimak peragaan cara mencuci tangan yang benar sekaligus juga berkonsultasi.


Selain kampanye cuci tangan bersih dengan sabun, stand kesehatan ini pun mengundang masyarakat untuk cek tensi darah serta konsultasi kesehatan.

So, apakah Anda sudah menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan bersih dalam keluarga? (IAG)

Baca juga

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga : 99,99 % Masyarakat Indonesia Tidak Paham Ahmadiyah

Hits: 240Guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogkarta, Profesor Dr Iskandar Zulkarnain mengatakan bahwa kekerasan terhadap ...