Home / Daerah / Muslimah Ahmadiyah Manislor Bahas Tema Kesehatan di SMAN 1 Jalaksana, Kuningan.

Muslimah Ahmadiyah Manislor Bahas Tema Kesehatan di SMAN 1 Jalaksana, Kuningan.

Hits: 378

(Jumat, 25/1/2019) Muslimah Ahmadiyah Manislor berkesempatan mengisi materi di acara Keputrian SMAN 1 Jalaksana, Kab. Kuningan.

Kesempatan tersebut berawal dari tawaran salah seorang guru SMAN 1 Jalaksana yang menginginkan alumninya untuk ‘sharing’ dan memberikan motivasi kepada adik-adik kelas di SMA.

Alhamdulillaah amanah tersebut sampai kepada Nn. Reni Zahra Pratiwi yang bekerja sebagai promotor kesehatan di salah satu Puskesmas dan beliau sebagai Sekretaris Daerah LI Jabar 10.

Acara yang diselenggarakan di Lapangan Hanggar SMAN 1 Jalaksana pada pukul 11.45 sampai 13.00 berhasil mengundang antusias siswi. Hal ini dilihat dari bagaimana mereka menyimak materi, aktif dalam berdiskusi dan banyak yang siswi yang ingin bertanya.

Materi yang diberikan adalah asupan gizi bagi remaja, dimana beliau menyampaikan bahwa banyaknya kasus ‘stunting’ di Indonesia disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah asupan gizi saat remaja.

Menjadi seorang remaja sehat adalah investasi bangsa, lahirnya generasi-generasi cerdas dapat ditentukan oleh perilaku remaja salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi sehari-hari, mengapa demikian ? Karena seorang remaja putri akan tumbuh menjadi dewasa, kemudian menikah dan menjadi seorang ibu hamil yang akan melahirkan seorang anak. Jika menginginkan lahirnya generasi yang sehat, marilah kita para remaja untuk hidup sehat karena hidup sehat dimulai dari saya.

Selain pemberian materi, siswi-siswi pun diajak untuk menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) dan mengukur Lingkar Lengan Atas (LILA), yang mana kedua indikator tersebut erat kaitannya dengan parameter kesehatan remaja.

Siswi diberikan kesempatan untuk mengetahui berapa IMT nya dan bagaimana untuk bisa mencapai IMT normal dengan Berat Badan ideal. Begitu pun dalam mengukur LILA, yang menjadi model adalah siswi sendiri sehingga harapannya mereka lebih mudah untuk memahami. Beliau mengajak siswi2 semua untuk menerapkan informasi kesehatan yang disampaikannya dalam kehidupan sehari-hati, karena menjadi sehat tidak hanya sekedar mengetahui, lebih baik dari itu adalah menerapkannya.

Harapannya ke depan, yang menjadi narasumber kegiatan keputrian adalah anggota Lajnah Imaillah Manislor yang merupakan alumni SMAN 1 Jalaksana. ‘Sejak saya SMA, sudah banyak guru yang mengetahui tentang Jemaat Muslim Ahmadiyah dan tidak meragukan kemampuan siswi-siswi Muslim Ahamdiyah Manislor yang sekolah disana. Oleh karenanya, selain kita dapat berbagi ilmu dengan adik-adik dan guru-guru disana namun yang utama adalah sebagai ladang rabtah bagi Cabang Manislor. Selain itu Kita dapat menunjukan akhlak yang baik, kemampuan yang dimiliki juga keikhlasan berbagi sebagaimana telah dianjurkan oleh Khalifah tercinta Jemaat Muslim Ahamdiyah”, ujar Nn. Reni Zahra.

Kontributor : Nurini Bashari Putri, Lajnah Cabang Manislor

Baca juga

Festival Kuliner LI Karang Tengah Meriahkan Hari Kemerdekaan HUT RI dihadiri Simpatisan

Hits: 84 Karang Tengah, (15/8). Hari Kemerdekaan HUT RI yang Ke 74 masih dua hari ...

Tinggalkan Balasan