Home / Sejarah / Berbagai Peristiwa Penting di Bulan Januari dalam Sejarah Ahmadiyah yang Perlu Anda Tahu
mta-sejarah-ahmadiyah-warta-ahmadiyah

Berbagai Peristiwa Penting di Bulan Januari dalam Sejarah Ahmadiyah yang Perlu Anda Tahu

Berikut adalah beberapa peristiwa penting dalam sejarah Ahmadiyah di bulan Januari.

12 Januari 1889 : Hazrat Mirza Basyiruddin Mahmud Ahmad ra dilahirkan di Qadian.

1 Januari 1919 : Hazrat Khalifatul Masih II memulai sistem Nazarat dalam Sadr Anjuman Ahmadiyah dan menunjuk Hazrat Maulwi Sher Ali Sahib sebagai Nazir A’la pertama.

6 Januari 1920 : Hazrat Khalifatul Masih II meminta Jemaat untuk berkontribusi dalam pembangunan Masjid Fadhl London. Banyak wanita Ahamdi yang menyumbangkan perhiasan dan pelajar menyumbangkan uang sakunya.

23 Januari 1921 : Untuk membangun harmoni antara Islam dan Hindu, Hazrat Khalifatul Masih II menyarankan agar pemeluk hindu mengirimkan 12 pelajar ke Qadian untuk belajar Al-Qur’an dan 2 pelajar muslim dikirim untuk belajar Weda.

29 Januari 1926 : Untuk pertama kalinya dalam Jalsah Salanah pidato disampaikan dalam 24 bahasa.

Januari 1935 : Tahun itu diawali dengan persekusi yang luar biasa terhadap para ahmadi. Para Ahamdi diserang, dipukuli, dan dilempari batu di berbagai belahan India. Bahkan ada juga yang dilarang mengambil air dari sumur. Masjid-masjid Ahmadiyah diduduki paksa dan para Ahmadi diusir dari rumah mereka. Di bulan itu juga Hazrat Khalifatul Masih II menginstruksikan jemaat mendirikan kantor permanen Takhrik Jadid dan menunjuk Maulwi Abdur Rahman Anwar Sahib untuk menjalankan tugas tersebut.

25 Januari 1936 : Maulwi Ramzan Ali Sahib bertolak dari Qadian untuk mendirikan misi Ahmadiyah di Argentina.

7 Januari 1938 : Khutbah Jumat untuk pertama kalinya dalam sejarah ahmadiyah disampaikan menggunakan pengeras suara di masjid Aqsa Qadian. Huzur menubuwatkan bahwa ada saatnya Khalifatul Masih akan menyampaikan pelajaran Al-Qur’an dan hadits ke seluruh dunia melalui perangkat kominikasi modern. Nubuwatan ini tergenapi dengan MTA.

31 Januari 1938 : Hazrat Khalifatul Masih II mendirikan Majelis Khuddamul Ahmadiyah. Dimulai dengan 10 orang dan menunjuk Maulana Qamaruddin Sahib Sikhwani sebagai presiden pertama.

26 Januari 1940 : Hazrat Khalifatul Masih II merancang kalender Hijriyah Syamsiyah.

4 Januari 1952 : Hazrat Khalifatul Masih II mendirikan amarat propinsi dan menunjuk Mirza Abdul Haq Sahib sebagai amir propinsi Punjab. Beliau menjabat posisi ini hingga tahun 1998 ketika sistem Amarat propinsi dihentikan.

29-31 Januri 1959 : Hazrat Khalifatul Masih III meresmikan untuk pertama kalinya Turnamen Basket Seluruh Pakistan. Hadiah dibagikan oleh Hazrat Muhammad Zafrullah Khan.

13 Januari 1983 : Presiden Spanyol menulis surat ucapan selamat kepada Maulwi Karam Ilahi Zafar Sahib, Mubaligh Ahmadiyah Spanyol atas dibukanya masjid Basharat.

7 Januari 1994 : MTA secara resmi diluncurkan

7 Januari 1994 : Minguan Al-Fadhl Internasional dimulai di London

6 Januari 1997 : Sebuah program perayaan buku 100 tahun buku “Filsafat Ajaran Islam” diadakan di Indonesia.

9 Januari 2004 : Pemerintah Bangladesh melarang semua publikasi jemaat termasuk Al-Qur’an dengan terjemah Bengali.

2 Januari 2007 : Peletakan batu pertama masjid Khadijah Berlin.

Itulah tadi beberapa peristiwa penting dalam sejarah Ahmadiyah yang terjadi di bulan Januari.

Sumber : Buku “Centenary Khilafat-e-Ahmadiyya”

Baca juga

Pemuda lintas iman yang terdiri dari Pengurus Cabang HIKMAHBUDHI Semarang, PMII, BEM UIN, ELSA, Perada, Komunitas HP Jadul, Pemuda Hindu, serta Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) ini berkumpul menyuarakan perlawanan terhadap terorisme.

Tolak Terorisme, Pemuda Lintas Iman Semarang Gelar Aksi Bela Sungkawa

SEJUMLAH ormas kepemudaan lintas iman di Semarang berkumpul menggelar aksi penolakan terorisme dan ungkapan bela sungkawa di Tugu Muda Semarang, Senin (17/1) sore kemarin.

Tinggalkan Balasan

Mau selalu update Warta Ahmadiyah?
Silakan klik tombol “Like/Sukai Halaman” di bawah ini.

Kritik/saran dapat Anda sampaikan pada kolom “Pesan” atau email ke
redaksi@warta-ahmadiyah.org
Terima kasih.