Home / Uncategorized / Sang Kosmopolit Yang Suka Bersilaturahim

Sang Kosmopolit Yang Suka Bersilaturahim

Hits: 282

Acara bedah buku “Sang Kosmopolit” menjadi salah satu rangkaian acara satu dekade Gus Dur di kota Jogja.

Buku karya Hairus Salim ini mampu mengantarkan para pembacanya menyelami nilai nilai yang ditanamkan oleh Gus Dur dalam setiap sikap dan perilaku beliau.

Penulis menceritakan kembali pengalaman pengalaman pribadi beliau bersama Gus Dur dengan bahasa yang ringan namun dengan pesan yang mendalam.

Salah satu nilai atau teladan yang di ajarkan oleh Gus Dur adalah Silaturahim. Penulis menyampaikan bahwa Gus Dur adalah Seseorang yang sangat suka bersilaturahim.

Gus Dur bersilaturahim kepada siapa saja, baik kepada orang yang suka dengannya maupun kepada orang yang tidak suka atau bertentangan dengannya.

Dr. Zuly Qodir, M.Ag (Dosen Fisipol Univ. Muhammadiyah Yogyakarta) kembali menegaskan bahwa Gus Dur memang sangat suka bersilaturahim dan mengobrol. GusDur sangat dekat dengan anak muda, GusDur mau jadi teman dan juga tameng bagi anak anak muda yang memiliki pandangan yang berbeda.

Alissa Wahid, Koordinator Nasional Gusdurian dan Putri dari Gus Dur juga mengangkat bahwa silaturahim adalah salah satu hal penting yang di ajarkan Gus Dur dan bukan sebagai alat politik.

Beliau menyampaikan, bahwa bagi GusDur dialog atau silaturahim itu penting terutama dengan orang orang yang berbeda pandangan.

Alissa Wahid mencontohkan ketika zaman orde baru, Gus Dur adalah orang yang berada di barisan terdepan menentang pemerintah. Namun Gus Dur juga secara rutin setiap lebaran selalu berkunjung ke kediaman Presiden Soeharto saat itu.

Beliau menegaskan Gus Dur akan selalu bersikap tegas dan melawan tindakan tindakan yang tidak sesuai dengannya, namun juga akan selalu menjaga silaturahim dengan orang orang yang bertentangan dengannya.

Acara bedah buku ini diadakan pada Senin, 17 Februari 2020 di Ruang Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang yang terdiri dari para Mahasiswa, Aktivis, Akademisi dan Tokoh tokoh komunitas lintas iman.

Mln. M. Yusuf Ismail (Mubaligh Daerah DIY) dan Rizqi Baihaqi A. (Sekr. Ummur Kharijiah Jogja) juga hadir memenuhi undangan acara ini.

Dalam kesempatan bedah buku ini, perwakilan dari Jemaat Muslim Ahmadiyah berkesempatan untuk bersilaturahmi di ruang tunggu VIP bersama para narasumber sebelum kegiatan bedah buku berlangsung.

Baca juga

Donor Darah Ahmadiyah Solo Untuk Kemanusiaan

Hits: 54 Solo, (29/3/2020). Jemaat Ahmadiyah Solo untuk kesekian kalinya sukses mengadakan program donor darah ...

Tinggalkan Balasan