Home / Kemanusiaan / Sekilas tentang Taman Belajar Al-Masroor
taman belajar al-masroor ahmadiyah madiun

Sekilas tentang Taman Belajar Al-Masroor

Hits: 188

Pada Januari 2014 kami membuka Taman belajar Al – Masroor secara gratis. Dimulai dengan 1 murid  yang tinggal dekat dengan Masjid, 1 tahun berjalan hingga saat ini sudah berjumlah 35 murid. Taman Belajar Al-Masroor merupakan TPA sekaligus tempat belajar pelajaran sekolah lainnya (seperti Matematika, B.Inggris, IPA. B.Arab, dll). Namun, kami lebih menitikberatkan pelajaran moral dalam pembentukan karakter generasi yang berilmu dunia dan berakhlakul karimah. Dikarenakan anggota Ahmadiyah di cabang Madiun memang sedikit, 80% dari murid Taman Belajar Al-Masroor adalah ghair Ahmadi. Pada mulanya, hanya dari sekitar masjid saja yang ikut. Tapi saat ini banyak murid yang jauh sengaja datang kesini untuk belajar. 35 murid kami bersekolah formal dari SD hingga SMP dan diajari oleh 2 pengajar yaitu saya dan istri saya.

Murid – murid belajar di Taman Belajar Al-Masroor dari hari senin hingga kamis. Mereka datang pukul 15.00. Dimulai dengan shalat Ashar hingga sebelum Magrib. Terkadang mereka pun shalat Magrib berjamaah di Masjid. Setelah itu mereka pulang. Kami pun membuka kelas malam bagi murid yang mempunyai kegiatan lain pada sore hari disekolahnya.

Disamping untuk memberikan pemahaman agama dan pelajaran sekolah, niat kami murni untuk membantu membentuk moral yang baik untuk mereka. Setidaknya dengan mempunyai moral yang baik mereka akan berada di jalan yang baik. Kita tahu bersama, pada saat ini, seiring dengan semakin canggihnya teknologi, moral anak – anak pun semakin terancam. Banyak cerita – cerita negatif dari murid – murid kami mengenai lingkungan sekolahnya bahkan hingga lingkungan rumahnya. Maklum di lingkungan sekitar mereka tergolong lingkungan kota dengan tingkat pergaulan yang kurang baik. Dan rata-rata anak-anak taman belajar Al-Masroor berlatar belakang masyarakat marginal dengan penuh latar belakang kurang baik, sehingga kami berfikir bagaimana moral anak – anak ini dapat berkembang dengan baik jika lingkungannya tidak mendukung. Untuk itu, kami berusaha keras untuk membentuk moral yang baik bagi mereka. Berharap dengan sedikit yg telah kami lakukan Allah SWT dapat meridhai, dan juga dapat berarti untuk anak – anak. Agar di masa depan nanti mereka menjadi orang dewasa yang bijak dan penuh dengan ilmu agama serta dunia. Aamiin Allahumma Aamiin. Hafidz Bahansubu

Baca juga

PERWAKILAN AHMADIYAH SUMATERA UTARA HADIRI UNDANGAN DIALOG LINTAS IMAN

Hits: 185 Medan -Perwakilan Ahmadiyah Sumatra Utara menghadiri undangan dialog lintas iman. Acara yang digagas ...

Tinggalkan Balasan