Home / Daerah / Gelar Donor Darah, Ahmadiyah Batang: Peduli Sesama

Gelar Donor Darah, Ahmadiyah Batang: Peduli Sesama

Hits: 17

BATANG – Ahmadiyah Batang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Batang mengadakan kegiatan Donor Darah di masjid Mubarak, Sigorek, Minggu (15/11).

Kegiatan yang sudah rutin diadakan sebelum pandemi covid-19 ini sempat tertunda karena PSBB yang diberlakukan pemerintah.

Pandemi sampai saat ini belum berakhir juga, sedangkan kebutuhan darah semakin banyak. Sehingga membuat Ahmadiyah Batang tergerak untuk mendonorkan darahnya secara sukarela.

Setelah sekian lama ditunda, kegiatan donor darah tersebut akhirnya dapat terlaksana. Terakhir dilaksanakan pada bulan Januari 2020.

Setelah berkomunikasi dan mengajukan permintaan untuk bisa mengadakan kegiatan donor darah dengan PMI Batang, melalui Mubalig setempat, Maulana Mahmud Ahmad Syamsuri akhirnya kegiatan tersebut dapat terlaksana.

Untuk pertama kalinya (saat pandemi) kegiatan baksos donor darah di Batang ini diadakan setelah memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Lurah setempat.

Satu persatu calon pendonor datang, baik dari anggota Ahmadiyah sendiri dan juga masyarakat sekitar.

Para peserta tersebut melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh PMI. Kemudian mereka menimbang berat badan untuk mengetahui apakah masuk dalam persyaratan donor atau tidak. Setelah itu, pendonor melakukan pengecekan darah dan kesehatan.

Ada salah satu peserta datang dengan antusias ingin ikut donor, namun karena dua bulan yang lalu sudah pernah donor jadi kali ini dia tidak bisa diambil darahnya karena minimal dilakukan tiga bulan sekali.

“Masya Allah walaupun di masa pandemi seperti sekarang, ternyata masih banyak yang antusias mengikuti aksi kemanusiaan ini”, ucap Lalas-salah satu pendonor.

Sebanyak 26 orang yang mendaftar, namun yang dapat diambil darahnya 24 orang.

Peserta kali ini lebih banyak dari waktu donor darah sebelumnya.

Maulana Syamsuri, Mubalig Batang mengatakan bahwa acara ini dapat terlaksana semata karena karunia Allah, ia juga berharap agar kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi sesama.

“Alhamdulillah acara ini bisa terlaksana semata-mata karena karunia dari Allah SWT. Semoga acara yang diselenggarakan ini bisa bermanfaat bagi orang banyak, karena donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama, wujud nyata kita dalam kemanusiaan,” ucapnya.

Kontributor: Lalas Sulastri
Editor: Hajar Ummu Fatikh

Baca juga

Berawal dari Pesan Whatsapp Hingga Donor Darah di PMI Cianjur

Hits: 75 CIANJUR – Usai melaksanakan Shalat Magrib, seperti biasa kami juga melakukan tarbiyat keluarga ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *