Home / Kemanusiaan / Menjelang HUT RI Muslim Ahmadiyah Sukabumi Mengadakan Donor Darah
muslim-ahmadiyah-sukabumi-donor-darah-citalahab-menjelang-hut-ri

Menjelang HUT RI Muslim Ahmadiyah Sukabumi Mengadakan Donor Darah

 

Alhamdulillah dengan karunia Allah SWT di momen bulan kemerdekaan Bangsa Indonesia kali ini, wilayah Sukabumi telah melaksanakan dua kegiatan pengkhidmatan di tempat yang berbeda dalam waktu yang berdekatan. Pengkhidmatan pertama diawali dengan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di Masjid Bilal Jemaat Ahmadiyah Sukabumi bertepatan pada hari Jum’at, kegiatan dimulai selepas salat Jum’at dimana petugas PMI dari kota sukabumi mendatangi kompleks Masjid Jemaat yang ada di Kota Sukabumi untuk mengambil darah dari para pendonor yang kesemuanya merupakan warga Jemaat Ahmadiyah.

Kegiatan pengkhidmatan donor darah di Jemaat Sukabumi ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, sehingga antara petugas PMI dengan warga jemaat yang hadir di sekitar Masjid, ketika bertemu satu sama lain saling menyapa dan tampak akrab teruatama bagi mereka para anggota Jemaat yang sudah rutin mendonorkan darahnya. Kali ini dari sekitar 25 anggota Jemaat dari semua badan (Anshar, LI dan Khuddam) yang mendaftar, hanya 15 kantong darah saja yang dapat terkumpul.

Rangkaian pengkhidmatan yang kedua, dilaksanakan selang 2 hari setelah kegiatan donor darah yang diadakan di Jemaat Sukabumi. Kali ini pengkhidmatan dilaksanakan di Jemaat Citalahab, yang merupakan salah satu Jemaat lokal yang lokasi nya cukup jauh dari kota dan berada di wilayah Kabupaten Sukabumi tepatnya di Kecamatan Jampang Tengah. Kami memerlukan waktu sekitar 2 jam dari kota sukabumi menuju Jemaat Citalahab, dikarenakan selain lokasi yang cukup jauh akses jalan menuju Jemaat Citalahab pun terkenal dengan jalanan berbatu yang berliku dan menanjak. Beruntung saat itu ketika kami ke lokasi cuaca dalam keadaan cerah dan sedang tidak turun hujan, karena kalau kebetulan sedang musim hujan, akses jalan menuju Citalahab akan berupa kubangan lumpur dengan tanah merahnya yang licin, serta batuan yang tajam yang akan menyulitkan setiap kendaraan yang melewatinya.

Kegiatan donor darah yang diadakan di Jemaat Citalahab ini, merupakan salah satu rangkaian acara yang digagas dalam rangka pengkhidmatan dan bakti sosial untuk masyarakat sekitar yang diprakarsai oleh semua badan (Anshar, LI dan Khuddam) wilayah Sukabumi, karena acara ini dilaksanakan berbarengan dengan Kegiatan Ijtima Anshar Wilayah Sukabumi yang kebetulan tempatnya dilaksanakan di Jemaat Citalahab. Dalam kegiatan donor darah kali ini, dari sekitar 35 calon pendonor yang mendaftar, terkumpul sebanyak 29 kantong darah.

Selain kegiatan donor darah, pengkhidmatan kali ini pun diisi dengan sumbangan dari ibu-ibu LI wilayah sukabumi berupa bantuan uang kepada 20 kepala keluarga kurang mampu untuk masyarakat ghaer sekitar masjid dan sumbangan batu sebanyak 5 truk untuk perbaikan jalan akses menuju Citalahab. Saat penyerahan bantuan batu dan uang tersebut, Alhamdulillah kegiatan ini dapat dihadiri dan langsung diterima oleh Bapak Kepala Desa Simpang Samid dan Bapak Camat Jampang Tengah, karena Citalahab ini berada dalam lingkup wilayah kepemerintahan mereka. Dalam sambutannya, mereka cukup bangga dengan kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh warga Jemaat dan mengucapkan banyak terimakasih kepada warga Jemaat Ahmadiyah karena telah mau ikut aktif berperanserta dalam pembangunan di daerahnya. Di akhir sambutannya Pak Camat menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin dan berkala ke depannya, Insya Allah. (asa)

Baca juga

Kunjungan Pengurus Wilayah JAI Jabar 3 ke Pelabuhan Ratu

SUKABUMI – Pengurus Wilayah Ahmadiyah Jabar 3 melaksanakan silaturahmi ke mubayyin dan mubayyiah baru di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *