Home / Uncategorized / ‘Khilafat Day’ Lajnah Imaillah Jabar 4 Di Tengah Pandemi

‘Khilafat Day’ Lajnah Imaillah Jabar 4 Di Tengah Pandemi

Hits: 91


Pademi corona hingga pasca Idul Fitri belum kunjung usai, rasanya semakin marak covid berkembang di Indonesia akibat masyarakat Indonesia yang sulit diatur oleh pemerintah. Masyarakat tidak ingin kelilangan momentum hangatnya Idul Fitri berkumpul bersama sarak saudara dan membuat makanan-makanan khas Idul Fitri.


Rabu, 27 Mei 2020 bertepatan dengan Hari Khilafat Islam Ahmadiyah yang ke-112 Tahun. Dengan kondisi yang serba terbatas Lajnah Imaillah dan Nasiratul Ahmadiyah Daerah Jabar 4 tetap melaksanakan kegiatan untuk memperingati Hari Khilafat dengan cara yang aman, menyenangkan sekaligus menarik, walaupun tidak bertatap muka antar anggota namun kegiatan tersebut tetap terlaksana melalui WAG (WhatsApp Grup).


Pukul 09.00 WIB Ketua Daerah Jabar 4 (Ny. Lilis Sahiba) selaku pembawa acara memberikan rangkaian acara yang akan di laksanakan. Kemudian membuka acara “Khalifat Day Lajnah Jabar 4”. Menginjak acara ke 2 yaitu Tilawat Al-Quran surah An-nur ayat 56-57 yang dilantunkan oleh Nn.Reva Lajnah Ciparay., lantunan ayat suci Al-Quran yang merdu menenangkan jiwa. Adapun arti dari lantunan ayat suci Al-Quran, yaitu:


“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”
“Aku baca dengan nama Allah, Maha Pemurah, Maha Penyayang”
“Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dari antara kamu dan berbuat amal saleh, bahwa Dia pasti akan menjadikan mereka itu Khalifat di bumi ini, sebagaimana Dia telah menjadikan Khalifat orang-orang yang sebelum mereka; dan Dia pasti akan meneguhkan bagi mereka agama mereka, yang telah Dia ridhai bagi mereka; dan pasti Dia akan memberi mereka keamanan dan kedamaian sebagai pengganti sesudah ketakutan mencekam mereka. Mereka akan menyembah Aku, dan mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu dengan Aku. Dan barangsiapa ingkar sesudah itu, mereka itulah orang-orang durhaka.”
“Dan dirikanlah shalat, dan bayarlah zakat, dan taatlah kepada Rasul itu supaya kamu mendapat rahmat” QS. An-Nur/24: 56-57.


Tak lupa dalam acara ini Nazm.kalam -e Mahmood dengan judul “Naunehaalane jamaate mujh sekich kehna” dilantunkan oleh lajnah Cabang Cipeyeum. Nazm tersebut mengandung arti:
“Wahai kaum muda jemaat ada suatu yang ku ingin katakan kepada kalian dengan syarat janganlah pesanku ini di sia-siakan, hendaklah aku sampaikan beberapa penggal nasihat kepada kalian agar kelak di kemudian hari tidak ada kecaman di alamatkan padaku, ketika kami telah tiada kelak kesempatan memikul semua tanggung jawab akan terpikul di pundak kalian. Tinggalkanlah kemalasan janganlah kalian duduk bertong dagu ketahuilah mengkhidmati agama merupakan suatu karunia illahi.”


Sungguh pesan singkat yang menggugah hati setiap insan, ditambah cara penyamapaian yang merdu melalu Nazm. Acara terus berlangsung dengan sambutan yang di sampaikan oleh Ibu Mufatis (Ny. Wati Latifah), sambutan yang beliau sampaikan bukan hanya sekedar sambutan, namun sekaligus tausiah mengenai Khalifat.


Sambutan selanjutnya disampaiakn oleh Ny. Ade Nurul Ummah (sekr.TMB PPLI) yang berisi mengenai Khilafat, dikaitkan dengan pandemic corona yang masih mewabah di negeri kita Indonesia. Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari fenomena ini sehingga kita juga dapat lebih mensyukuri atas karunia Allah Ta’ala.


Sambutan ke 3 disampiakan oleh Ny. Eva Hanifa (sekr Khidmat Khalq PPLI). Dalam sambutannya mengenai Khalifat Day ini beliau juga mengupas mengenai Lomba MHQ =Musabaqoh Hafiz (Hapalan) Qur’an Nai jabar 4, betapa pentingnya mempelajari Al-Qur’an dan menjaga hafalan yang telah ada.

Beliau mengapresiasi lomba MHQ yg trlah dilaksanakan sebelumnya dan menjadi salah satu dari tim juri MHQ NAI usia 10-14.

Ny. Ketua Daerah Jabar 4 (Ny. Lilis Sahiba) menyampaikan mengenai “Keberkatan Khilafat”. Sungguh penyampaian keberkatan ini merupakan suatu pencerahan bagi seluruh peserta, masyaAllah. Adapun beberapa kalimat penting dalam penyampaian “Keberkatan Khilafat” ini, yaitu ;
Kunci dari Keberkatan khilafat ini adalah Taat ketika saat pandemi ini Huzur Atba menginttuksikan untuk Beribadah,dan beraktifitas di rumah maka kita senantiasa Taat. Standar ketaatan yang harus dimiliki seorang beriman bukannya mengeluh jika ada keputusan yang memberatkan, bukannya meninggalkan tanggung jawab.
Kuncinya Untuk meraih Keberkatan Khilafat ini kita harus Taat Taat Taat
MasyaAllah, sungguh membangkitkan semangat dan menepuk kesadaran diri mengenai hal yang perlu sering diingatkan kepada kita semua umat Islam. Rangkaian acara selanjutnya yaitu penyampaian testimoni Khilafat oleh cabang Cianjur dan Baros. Testioni Khilafat dari Cabang Baros disampiakna oleh Ibu Lindawati (Ketua LI Cabang Baros) dalam testimoni yang disampiakan mengenai ketaan terhadap Allah Ta’ala di masa pendemi corona, dilanjut dari Cabang Cianjur oleh Nn Rifa Rihadatul Azmi, yang berisikan mengenai Khilafat dalam perspektif Ilmu Pemerintahan.


Acara terus berlangsung dengan penyampaian syair oleh Lajnah Cabang Ciandam (Ny. Nurhasanah). Adapun ucapan Hari Khilafat dari Cabang Cicakra yang disampaikan oleh para Li remaja yg dikemas dalam vidio yang menarik.Ucapan Hari Khilafat lainya datang dari Cabang Talaga yang disampaikan oleh Ny. Ibu Khoerunnisa Somad.


Sampailah di penghujung acara dengan rangkaian acara pengumuman pemenang Lomba dan pemberian E-Piagam kepada Pemenang lomba simbolis. Lomba tersebut telah diadakan beberapa hari yang lalu. Kategori lomba di bagi 3 yaitu Kategori Lajnah lomba MTQ dan Kategori Nasirat lomba MHQ dibagi dua tingkat usia 7-9 thn dan tingkat usia 10-14 .keseluruhan lomba diikuti oleh 28 peserta. Adapun teknik perlombaannya setelah para peserta mendaftar pada waktu yang telah ditentukan kemudian memilih surat dengan cara di undi melalui vidio,lalu sesuai ketentuan peserta mengirimkan Vidio MTQ dan MHQ kepada Pengurus Daerah.

Untuk Tim Juri kategorI Lajnah oleh Ibu Ade Nurul Ummah,Nai usia 10-14 oleh ibu Eva sedangkan Nai usia 7-9 dinilai oleh pengda.berikut adalah para pemenangnya.
s

Sebelum acara ditutup ibu ketda memberikan tanda cinta berupa e-piagam kepada Ibu-ibu PPLI yang sudah berkenan hadir pada Peringatan Hari Khilafat Lajnah Jabar 4.Rangkaian acara telah terlaksana dengan khidmat dan lancar.

Ketua Daerah (Ny. Lilis Sahiba) selaku pembawa acara mempersilahkan seluruh peserta yang ingin mengemukakan kesan pesan atas acara ini. Tiba pada acara terakhir untuk mengambil berkat semua peserta bermunajat kepada Allah Ta’ala dengan memanjatkan Doa yang dipimpin oleh Ibu Eva.


Acara “Khalifat Day Lajnah Jabar 4” telah selesai dilaksanakan yang kemudian di tutup oleh pembawa acara Ny. Lilis Sahiba (Ketua Daerah). Peringatan Khilafat Daerah Jabar 4 tahun ini di ikuti oleh 257 orang satu WAG full dan secara paralel rangkaian acara di teruskan ke grup cabang-cabang.

Di akhir Ketda memberikan closing statement, “Semangat anggota Ahmadiyah untuk selalu taat kepada Khalifat karena sesungguhnya ketaatan pada Khilafat artinya ketaatan kepada Masih Mau’ud a.s. ketaatan kepada Rasullulah SAW, dan ketaatan kepada Allah Ta’ala.”


Kontributor : Rifa Rihadatul Azmi

Baca juga

Ahmadiyah Gondrong Kunjungi Polres Metro Tangerang Kota

Hits: 192 Tangerang, (01-07-2020). Rombongan Pengurus Amilah Cabang Gondrong yang terdiri dari Mln.Dili Sadili Fadhal ...

Satu komentar

  1. Mubarak jabar 4

Tinggalkan Balasan