Home / Nasional / Komunitas ‘Clean The City’ Ajak Masyarakat Peduli Sampah Saat Pandemi

Komunitas ‘Clean The City’ Ajak Masyarakat Peduli Sampah Saat Pandemi

Hits: 6

JAKARTA – Komunitas peduli kebersihan atau yang biasa disebut dengan Clean The City (CtC) mengadakan Talkshow yang bertajuk ‘Adaptasi Pandemi: Zero Waste, Kebiasaan Baik dari Rumah yang Mudah dan Murah’, Sabtu (22/8).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring via platform Zoom dan Live Streaming Youtube. Narasumber pada talkshow tersebut diantanya Siti Ainun, S.T., S.Psi., M.Sc, dosen teknik lingkungan di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, dan Fazal Ahmad selaku Koordinator Nasional Clean The City. Adapun acara dipandu oleh Omi Tobias.

Menurut Koordinator Nasional CtC, Fazal Ahmad, acara tersebut dilakukan agar masyarakat mulai peduli terhadap lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Masalah sampah memang tidak ada hentinya untuk dibahas. Dan kita sebagai komunitas yang peduli akan kebersihan harus mulai membiasakan diri untuk mengurangi sampah dan bahkan bisa mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat,” ujarnya.

Kemudian Siti Ainun menambahkan bahwa menurutnya sampah merupakan dosa manusia terhadap lingkungan. Dalam hal ini, dia mengajak masyarakat untuk turut andil dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

“Kalau saya mengartikan sampah itu salah sebagai salah satu dosa manusia terhadap lingkungan, makanya kita harus menebus dosa tersebut dengan cara mengurangi sampah mulai dari hal-hal yang sederhana,” tambah Ainun.

Dosen ITENAS Bandung tersebut menjelaskan bahwa banyak cara untuk mengelola sampah, diantaranya dengan cara hidup sederhana, artinya dalam membeli sesuatu harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Selain itu, Ainun menambahkan agar selalu membawa botol minuman sendiri ketika hendak bepergian.

“Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam mengelola sampah, misalnya berbelanja nih kita belanja yang kita butuhkan saja, dan usahakan belanja yang tidak banyak menggunakan kemasan. Kalau kita hendak bepergian nih, mulai dari sekarang bawa botol minum sendiri dari rumah,” jelasnya.

Talkshow tersebut berjalan dengan penuh antusias. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta, baik melalui aplikasi Zoom maupun Live Streaming Youtube.

Kontributor : Resa Rosanti

Baca juga

Jumlah Pendonor Kornea Meningkat Pesat, Ketua Umum Bank Mata Indonesia: 90 Persen dari Kelompok Ahmadiyah

Hits: 172 SURABAYA – Dalam rangka hari jadi Perhimpunan Perawatan Penderita Penyakit Mata Undaan (P4MU) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *